Monday, April 4, 2016

Apa Itu Multimedia ?

Pengertian Multimedia


Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video. Dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan Berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi Oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak Video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). DalamPerkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai Memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi Tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.


Para gapteker's admin akan memberikan sebuah informasi mengenai apa saja software yang digunakan oleh para pengguna
Multimedia :

Multimedia pengolah gambar

1. Adobe photoshop

adobe photoshop adalah software pengolah gambar / foto yang sangat lengkap dengan segalaFasilitasnya. Software ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat Kerapatan tertentu. Yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel. Adobe photoshop, atau biasa disebut photoshop, adalah Perangkat lunak editor citra buatan adobe systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama adobe acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang Pernah diproduksi oleh adobe systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama photoshop cs (creative suite), versi Sembilan disebut photoshop cs2, versi sepuluh disebut adobe photoshop cs3 , versi kesebelas adalah adobe photoshop cs4 dan Versi yang terakhir (keduabelas) adalah adobe photoshop cs5. Dan yang sekarang ada adobe photoshop cs6 dan photoshop cc.


2. Coreldraw
Coreldraw diciptakan oleh corel corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program Berbasis vector /garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai Dengan berapapun ukurannya. Coreldraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol, dll. Selain Menjadi kompetitor bagi adobe. Corel draw juga berusaha untuk membuat software software yang lain agar para pengguna Khususnya di coreldraw tetap memilih corel sebagai aplikasi utama.


3.  Macromedia freehand

Macromedia freehand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris Seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) Diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk microsoft windows dan mac os x. Sebagai Sebuah aplikasi yang fleksibel, freehand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan Grafik vektor untuk printing dan web.


Multimedia pengola video

1. Adobe premeire
   
     software ini mungkin tidak terdengar asing bagi kalangan editing profesional maupun non profesional karena software Ini adalah software dari adobe yang sangat umum dan wajib untuk dipakai untuk editing. Software ini juga mampu berkembang Dari berbagai versinya terakhir adobe premiere cs6. Gapteker's jika ingin menjadi editing profesional wajib memiliki Software ini. 





2. Sony vegas pro

sony vegas pro adalah sebuah software khusus untuk video dan audio editing. Saat ini sony vegas pro bukan menjadi Tandingan adobe premire, sementara sony vegas pro memang belum sepopuler adobe premire yang didukung begitu banyak plug-In. Selain itu, sony vegas movie studio juga merupakan program video editing yang powerful dan membuat dvd yang berkualitas Yang mana selalu diberikan oleh sony untuk banyak produk.




3. Final cut pro
mungkin nama ini belum pernah terdengar oleh gapteker's semua. Memang karna software ini hanya ada di macbook atau Apple. Final cut pro adalah sebuah software professional untuk menyunting video yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia inc. Dan lalu dilanjutkan oleh perusahaan apple inc. Final cut pro 7 dapat berjalan pada pc (personal computer) Mac yang bersistem operasi mac os x versi 10.5.6 atau yang lebih baru dan juga menggunakan prosesor intel. Software ini Memungkinkan pengguna untuk mencatat dan menangkap video ke harddisk (internal atau eksternal), agar dapat diedit, diolah, Dan menghasilkan output ke berbagai format.


Multimedia pengolah animasi

1. Adobe after effect
adobe sangat gemar membuat aplikasi khususnya untuk multimedia, bagaimana tidak ? Hampir disemua segment adobe Memiliki semuanya. Di animasi ini after effect salah satunya software ini merupakan software yang penggunannya mungkin Mudah untuk para gapteker's. Disamping itu juga hasil karya dari after effect itu sejenis opening film, colouring film dan Juga yang suka dengan 3d pasti berminat untuk memakai software ini.



2. Blender
blender merupakan oss (open source software) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam Os (operating system). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah gpl (gnu general Public license). Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana intel pentium iii Atau lebih/ amd dsbg ram 64mb vga 4mb disk space 35mb windows 2000 dan lebih, linux. Tapi jangan salah walaupun software Ini banyak orang yang tidak tau, tapi hasilnya tidak mengecewakan.

3. Autodesk 3ds max

3ds max adalah program untuk modeling, rendering, dan animasi yang memungkinkan gaptaker's semua  untuk Mempresentasikan desain kalian, seperti desain interior, arsitektur, dan iklan, secara realistik dan atraktif. Kelengkapan Fitur, sistem parametrik pada objek, serta sistem keyframer pada animasi, telah menempatkan 3ds max menjadi program animasi Yang mudah dan populer dibandingkan program aplikasi sejenis.



Multimedia pengolah suara

1. Adobe audition
software adobe ini memiliki fungsi untuk pengolah suara yang memungkinkan para gapteker's mengubah jenis suara, memberikan effect suara ataupun menghilangkan suara. Didalamnya terdapat effect effect suara seperti suara seperti menelpon , menjadi suara anak kecil, ataupun suara berada diruangan yang sempit.





2. Audacity
audacity adalah software yang sangat populer aplikasi editing suara terbuka. Anda dapat menggunakannya merekam audio hidup. Anda dapat menggunakannya untuk mengedit berbagai format audio dan bahkan cut, copy dan campuran mereka bersama-sama. Anda dapat mengkonversi file audio analog menjadi file digital. Anda dapat menambahkan berbagai efek suara seperti echo, phaser, sebaliknya dari file audio. Anda juga dapat meningkatkan kualitas audio melalui pemerataan, meningkatkan efek bass dan menormalkan efek. Ukurannya yang sangat kecil dibandingkan adobe audition dapat menjangkau di performa laptop yang minim.

3. Fl studio

FL studio (lebih dikenal sebagai fruity loops) adalah sebuah aplikasi untuk komputer yang digunakan untuk merekam, mengubah, dan membuat audio. FL studiodikembangkan oleh perusahaan asal belgia bernama image-line. Pada tahun 2014, fl studio termasuk aplikasi audio yang banyak peminatnya di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki 4 edisi untuk microsoft windows. Yaitu fruity edition, producer edition, signature bundle dan groove (win8). Image-line juga menawarkan fitur update gratis seumur hidup, yang artinya pembeli akan mendapatkan update fl studio versi berikutnya dengan gratis.


Jangan lupa untuk share di facebook atau akun sosmed kalian.

Mungkin itu saja yg bisa admin share , tetap nantikan Update Terbaru dari blog gagapteknoo.blogspot.com.


sampai jumpa di artikel selanjutnya.


No comments:

Post a Comment